Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) pada Berbagai Jenis dan Komposisi Media Tanam Substrat

Nur Hasanah Anwar, Nur Azizah

Abstract


Tanaman jahe (Zingiber officinale) ialah jenis tanaman rimpang yang banyak dibudidayakan hampir diseluruh kawasan Indonesia. Salah satu jenis jahe yang banyak dibutuhkan dan mempunyai nilai ekonomis tinggi adalah jahe merah. Permasalahan tanaman jahe merah yaitu daya simpan rendah, rentan penyakit tular tanah, dan masa panen singkat. Permasalahan tersebut menyebabkan petani ragu untuk menanam tanaman jahe merah. Hanya 30% petani yang menanam tanaman jahe merah di Jawa Timur. Rendahnya daya simpan jahe merah menyebabkan ketersediaan jahe merah tidak lama. Salah satu upaya meningkatkan ketersediaan jahe merah ialah menerapkan sistem hidroponik substrat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis dan komposisi media substrat yang tepat untuk pertumbuhan dan hasil jahe merah. Bahan yang digunakan yaitu rimpang tanaman jehe merah, arang sekam, cocopeat, kompos dan nutrisi AB mix. Dilaksanakan di Glass House Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya pada bulan Januari sampai Juli 2019. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa komposisi dan jenis media tanam memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jahe merah. Penggunaan media tanam cocopeat tunggal memberikan hasil yang lebih tinggi dibanding dengan media tunggal arang sekam dan tunggal katel. Media tanam cocopeat dapat digunakan secara tunggal, sedangkan media arang sekam dan katel sebaiknya dikombinasikan dengan dengan media lainnya.

Keywords


Hidroponik; Jahe Merah; Komposisi Media; Media Substrat

Full Text:

PDF

References


Aidin, A., N. Sahiri, dan I. Madauna. 2016. Pengaruh jenis rimpang dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit jahe merah (Zingiber officinale Rosc.). Agrotekbis 4(4): 394-402.

Azizah, N., S. L. Purnamaningsih, S. Kurniawan, dan S. Fajriani. 2018. Karakterisasi Aksesi dan Lingkungan Biofisik Tanaman Jahe untuk Meningkatkan Fungsi Layanan Ekosistem pada Sistem Agroforestri. Laporan Penelitian. Universitas Brawijaya. Malang.

Fatimah, S., dan B. M. Handarto. 2008. Pengaruh komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sambiloto (Andrographis paniculata, Nees). Embryo 5(2): 133-148.

Hasriani, D. K. Kalsim, dan A. Sukendro. 2013. Kajian Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat) sebagai Media Tanam. IPB Press. 1–7.

Irawan, A., dan N. Hidayah. 2014. Kesesuaian penggunaan cocopeat sebagai media sapih pada politube dalam pembibitan cempaka (Magnolia elegans (Blume.) H. Keng). Jurnal Wasian 1(2): 73–76.

Kusuma, A. H., M. Izzati, dan E. Saptiningsih. 2013. Pengaruh penambahan arang dan abu sekam dengan proporsi yang berbeda terhadap permeabilitas dan porositas tanah liat serta pertumbuhan kacang hijau (Vigna radiata L.). Buletin Anatomi dan Fisiologi 21(1): 1-9.

Muthahara, E., M. Baskara, dan N. Herlina. 2018. Pengaruh jenis dan volume media tanam pada pertumbuhan tanaman markisa (Passiflora edulis Sims.). J. Protan. 6(1): 101-108.

Pamuji, S. dan B. Saleh. 2010. Pengaruh intensitas naungan buatan dan dosis pupuk k terhadap pertumbuhan dan hasil jahe gajah. Akta Agrosia 13(1): 62-69.

Priska, M., P. Natalia, L. Carvallo, Y. D. Ngapa. 2018. Antosianin dan Pemanfaatannya. Cakra Kimia (Indonesian E-Journal of Applied Chemistry) 6(2): 79-97.

Pratiwi, N. E., B.H. Simanjuntak, dan D. Banjarnahor. 2017. Pengaruh campuran media tanam terhadap pertumbuhan tanaman stroberi (Fragaria vesca L.) sebagai tanaman hias taman vertikal. Agric 29(1): 11–20.

Ravindran., P.N dan K. N. Babu. 2005. Ginger the genus Zingiber. Medicinal And Aromatic Plants-Industrial Profiles. CRC pres. New York.

Sukarman, Devi Rusmin, dan Melati. 2008. Pengaruh lokasi produksi dan lama penyimpanan terhadap mutu benih jahe (Zingiber officinale L.). Jurnal Littri 14 (3): 119-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jpt.2020.005.1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.