PENGARUH PEMBERIAN DOSIS PUPUK DAN MEDIA TANAM TERHADAP TANAMAN PAK CHOY (Brassica rapa L. var chinensis)

Rangga Fariyana Putra, Setyono Yudo Tyasmoro

Abstract


Pemberian pupuk anorganik dan media tanam di perlukan untuk pertumbuhan tanaman pak choy. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk dan media tanam pada pertumbuhan tanaman pak choy. Hipotesis penelitian ini ialah dosis pupuk yang diberikan dan media tanam pertumbuhan tanaman pak choy.Penelitian dilaksanakan pada bulan juni - agustus 2016 di lahan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian dilakukan menggunakan RAK faktorial. Rancangan perlakuan terdiri dari faktor pemupukan dan media tanam. Analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan menggunakan analisis ragam pada taraf  5%. Untuk mengetahui beda nyata perlakuan akan dilakukan uji BNT  pada taraf 5%. Tidak terjadi interaksi antara perlakuan pemberian dosis pupuk dan media tanam pada tinggi tanaman, bobot segar, bobot kering dan luas daun, tetapi pada jumlah daun terdapat interaksi antara pemberian dosis pupuk dan media tanam yang berbeda nyata. Hasil pengamatan mingguan didapat perlaukuan dosis pupuk tidak ada interaksi dengan media tanam pada parameter jumlah daun yang tidak berbeda nyata pada 7 – 28 hst. Pada pengamatan bobot segar, bobot kering, dan luas daun, diperoleh hasil yang tertinggi yaitu kombinasi perlakuan perbandingan dosis pupuk NPK 100 kg/ha :Urea 125 kg/ha:ZA 100 kg/a (P3) dan media tanam tanah, kompos, sekam dengan perbandingan 1:1:1 (M3).

Keywords


Brassica rapa L. var chinensis.; Dosis Pupuk; Media Tanam

Full Text:

PDF

References


Dama . SW., Gubali H., Musa N. 2014. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo.

Erawan, D dan Bahrun A., 2013. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Pada Berbagai Dosis Pupuk Urea. Jurnal Agroteknos. 3 (1) : 19 – 25.

Gardner, F.P., R. B. Pearce dan R. L. Mitchel. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Terjemahan Herawati Susilo. UI Press. Jakarta.

Hamli, F., I.M. Lapanjan dan R. Yusuf. 2015. Respon Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) Secara Hidroponik Terhadap Komposisi Media Tanam dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair. Jurnal Agrotekbis. 3(3) : 290 – 296.

Khuluq, A.D dan R. Hamida. 2014. Peningkatan Produktivitas dan Randemen Tebu Melalui Rekayasa Fisiologis Pertunasan. Perspektif. 13 (1) : 13 – 24.

Kusuma, A.H., M. Izzati dan E. Saptiningsih. 2013. Pengaruh Penambahan Arang dan Abu Sekam dengan Proporsi yang Berbeda terhadap Permeabilitas dan Porositas Tanah Liat serta Pertumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Buletin Anatomi dan Fisiologis. 21 (1) : 1 – 9.

Putra, A.A.G., I.W. Sukasana dan R. Hadi. 2015. Respons Bibit Pisang ( Musa splenthum fixa lacte) pada Variasi Komposisi Media Tanam dan ZPT Atonik. Ganec Swara.

Raharjo M dan ER. Pribadi. 2010. Pengaruh Pupuk Urea, SP36 dan KCl Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Temulawak (Curcuma Xanthorhiza Roxb). Jurnal Littri 16(3) : 98 - 105.

Suhaila, S. Zahra dan Sulhaswardi. 2013. Perbandingan Campuran Media Tumbuh Berbagai Konsentrasi Atonik untuk Pertanaman Bibit ( Eucaliptus pellita). Jurnal Dinamika Pertanian. 28(3) : 225 – 236.

Triadiati, A.A. Pratama, dan S. Abdulrachman. 2012. Pertumbuhan dan Efesiensi Penggunaan Nitrogen pada Padi (Oryza Sativa L.) dengan Pemberian Pupuk Urea Berbeda. Buletin Anatomi dan Fisiologi XX (2) : 1 -14.

Uminawar, H. Umar dan Rahmawati. 2013. Pertumbuhan Semai Nyatoh (Palaquium sp.) pada Berbagai Perbandingan Media dan Konsentrasi Pupuk Organik Cair di Persemaian. Warta Rimba. 1 (1) : 1 – 9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.