Pengaruh Kombinasi Biourin dan Pupuk Anorganik pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.) dengan Metode SRI (System of Rice Insentification)

Nur Azizah Tristanti, Sunaryo Sunaryo, Titiek Islami

Abstract


Tanaman padi merupakan komoditas utama di Indonesia sehingga sangat cocok untuk dilakukan peningkatan hasil tanaman dan layak dikembangkan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi tanaman perlu adanya pemberian bahan organik untuk menekan pemberian pupuk anorganik dengan SRI dalam rangka meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik dalam produktivitas lahan budidaya tanaman padi. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari pengaruh biourin sapi pada pertumbuhan dan hasil tanaman padi dengan metode SRI. Mendapatkan hasil yang terbaik pada aplikasi biourin dan pupuk anorganik yang tepat pada pertumbuhan dan hasil tanaman padi dengan metode SRI. Penelitian dilaksanakan pada Mei-September didi Kebun Percobaan Jatimulyo Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 7 perlakuan 4 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian biourin sapidan pupuk anorganik pada pertumbuhan dan hasil memberikan pengaruh yang nyata pada tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, pengamatan bobot segar tanaman (g), jumlah malai per rumpun, jumlah bulir per malai, bobot basah gabah per rumpun, bobot kering gabah per rumpun, dan hasil panen padi (ton per hektar).

Keywords


Biourin; Hasil; Padi; Pupuk anorganik; varietas Ciherang

Full Text:

PDF

References


Arumingtiyas, W.A, Fajriani, S, dan Santosa, M. 2014. Pengaruh Aplikasi Biourine Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi. J. Produksi Tanaman. 2(8). 620-628.

Atmojo, S. W. 2003. Peranan Bahan Organik terhadap Kesuburan Tanah dan Upaya Pengelolaanya. Disertasi Pengukuhan Guru Besar Univeersitas Sebelas Maret Surakarta.

Azizah, R. 2008. Pengaruh Kombinasi Pupuk Tunggal dan Majemuk Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopersicom esculentun mill). Prosiding Seminar Nasional Hortikultura Indonesia 2010. karyailmiah.fp.ub.ac.id

Berkelaar, D. 2001. Sistem Intensifiasi Padi (The System of Rice Intensification-SRI): Sedikit Dapat memberi Lebih Banyak, Bulletin ECHO.

Dewani, D., M. Santosa, dan Sumarni, T. 2014. Pengaruh Penggunaan Sistem Tanam dengan Pupuk Kompos Granul Diperkaya Untuk Mengurangi Dosis Pupuk Anorganik pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza sativa L.). J. Produksi Tanaman. 5(2):369-378

Hadi, R. Y., S. Heddy dan Y. Sugito. 2015.Pengaruh Jarak Tanam Dan Dosis Pupuk Kotoran Kambing Terhadap Pertumbuhan Dan HasilTanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L.). J. Produksi Tanaman. 3(4):294-301.

Nendissa, J. I. 2008.Pengaruh Organic Soil Treatment (OST) dan Selang Waktu Aplikasi Larutan Landeto Terhadap Pertumbuhan Bawang Merah pada Rogosol. J. Budidaya Pertanian. 4(2): 122-131.

Qibtiah, M. dan Atuti. P. 2016. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Daun (Allium fistulosum L.) pada Pemotongan Bibit Anakan dan Pemberian Pupuk Kandang Sapi dengan Sistem Vertikultur. J. Agrivigor. 2(XV): 249-258.

Prasetyo, W. M. Santosa, dan T. Wardiyati. 2013. Pengaruh Beberapa Macam Kombinasi Pupuk Organik dan Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata Sturt). J. Produksi Tanaman. 1(3):1-8.

Purnomo, R. M. Santosa, dan S. Heddy. 2012. Pengaruh Berbagai Macam Pupuk Organik dan Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Mentimun (Cucumis sativus L.) J. Produksi Tanaman. 1(3):1-8.

Syofia, I., H. Khair dan K. Anwar. 2014. Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Terhadap Pemberian Pupuk Organik Padat dan Pupuk Organik Cair. J. Agrium. 19(1):68-76.

Yuliarta, B. M. Santosa, dan S, Heddy. 2013. Pengaruh Biourin Sapi dan Berbagai Dosis Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada Krop (Lactuca sativa L.). J. Produksi Tanaman. 1(6): 522-531.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.