Efektivitas Berbagai Jenis Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Aglaonema “Dud Anjamani”

Dwi Zulfita, Agus Hariyanti

Abstract


Salah satu jenis Aglaonema yang populer dikenal masyarakat ialah Aglaonema “Dud Anjamani”. Aglaonema jenis ini merupakan Aglaonema hibrida yang berasal dari Thailand yang memiliki perpaduan warna hijau terang dan merah terang, bentuk daunnya membulat sehingga lebih memudahkan susunan daunnya membentuk roset. Aglaonema “Dud Anjamani” dalam pot akan tumbuh baik apabila memiliki media tanam yang cocok, perawatan dan pemupukan yang baik. Pupuk yang diberikan lewat daun dengan menggunakan POC dapat dijadikan pilihan untuk menunjang pertumbuhan bibit Aglaonema dud anjamani tumbuh secara optimal.Tujuan penelitian yaitu untuk mendapatkan jenis POC yang terbaik terhadap pertumbuhan tanaman Aglaonema “Dud Anjamani”.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei -  Agustus 2019 di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Kota Pontianak.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 5 taraf perlakuan jenis POC dan 5 ulangan. Jenis POC yang digunakan adalah: POC Sugih, Top G2 organik, Green tonik, Indovit Super NPK dan NPK Plus.  Tanaman ditanam dalam pot plastik berukuran 10 X 10 cm dan aplikasi pemupukan dilakukan dengan penyemprotan pada daun. Variabel yang diamati adalah pertambahan tinggi tanaman (cm), pertambahan jumlah daun (helai), pertambahan luas daun (cm2), pertambahan panjang daun (cm) dan pertambahan lebar daun (cm). Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis ragam dan uji lanjutan dengan uji uji jarak berganda Duncan 5%. Hasil penelitian menunjukkan POC Green Tonik merupakan jenis POC yang terbaik  untuk pertumbuhan tanaman Aglaonema “Dud Anjamani”. Akan tetapi secara umun pemberian POC Green Tonik, POC NPK Plus dan POC Sugih sama baiknya untuk pertumbuhan tanaman Aglaonema “Dud Anjamani”. Pemberian berbagai jenis POC tidak nyata meningkatkan pertambahan tinggi tanaman.


Keywords


Aglaonema; Efektivitas; Pupuk Organik Cair

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2006. Pesona Aglaonema sp. Indonesia. PT Agromedia Pustaka. Jakarta: pp. 2-6.

Dwi,C.O., Rejeki,A dan Teguh,S. 2006. Pengaruh Dosis Pupuk Organik Cair dan Macam Tanah Terhadap Pertumbuhan Awal Mahkota Dewa (Phalleria Macrocorpa). Skripsi Universitas Tunas Pembangunan. Surakarta : 10-15.

Dwidjoseputro, D. 1991. Pengantar Fisiologi Tumbuhan. Gramedia, Jakarta : pp. 17-23.

Fageria, N.K., M.P.B. Filho, A. Moreira and C.M. Guimaraes. 2009. Foliar fertilization of crop plants. Journal of Plant Nutrition. 32:1044-1064

Gardner, F.P., R.B Pearce dan R.L. Mitcel. 2008. Fisiologi Tanaman Budidaya. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta : pp. 58-89.

Haris, A dan V. Krestiani. Studi Pemupukan Kalium terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt) Varietas Super Bee. Jurnal Sains : 1979-6870.

Hakim, N. M. Y. Nyakpa, A. M. Lubis,S.G Nugroho, M. Rusdi, S. M. A. Diha, G.B Hong dan H.H Bailey. 1986. Dasar-dasar Ilmu Tanah. UNILA. Lampung. pp. 147- 221.

Leiwakabessy, F.M dan Sutandi. 1998. Pupuk dan Pemupukan. Departemen Ilmu-ilmu Tanah. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor. pp. 46-59.

Lingga, P dan Marsono. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta. pp. 1- 42.

Marsono dan Sigit. 2001. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya, Jakarta : pp. 21-28.

Purwanto, A.W. 2010. Aglaonema sp. Pesona Kecantikan Sang Ratu Daun. Kanisius. Yogyakarta. pp. 1-5.

Sarief, E.S. 1989. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana, Bandung : 17-23.

Sundari, E., E. Sari dan R. Rinaldo. 2012. Pembuatan Pupuk Organik Cair Menggunakan Bioaktivator Biosca dan EM4. Prosiding STNK TOPI. ISSN. 1907-0500 : 102-111.

Wuryaningsih, S., Badriah, D.S., 2005 Pengaruh Macam dan Fruekuensi Pupuk Anorganik terhadap Pertumbuhan Anggrek Bulan. Jurnal Penelitian Hortikultura Nasional.Vol. 7 No. 1 459-465.

Yuliatin, E. 2015. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Eceng Gondok (Eichornia crassipes) dengan Bioaktivator EM4 (Effective Microorganism) terhadap Pertumbuhan Tanaman Hias Aglaonema „Lipstik” dan “Ruby”. Skripsi Program Studi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Mulawarman. Samarinda : 132-138.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jpt.2020.005.2.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.