Analisis Tingkat Kenyamanan Lingkungan di Universitas Brawijaya Kota Malang

Revin Yohanes Abraham, Ariffin Ariffin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengevaluasi hubungan tingkat ketersediaan vegetasi dengan tingkat kenyamanan di lingkungan Universitas Brawijaya (UB) kota Malang. Lokasi Penelitian dibagi menjadi 13 titik pengamatan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2020. Metode yang digunakan adalah metode Observasi dengan metode penetapan sample adalah non-probability sampling, penetapan tingkat kenyamanan ditentukan dengan 4 variable (Thermal Humidity Index (THI), kecepatan angin, tingkat kebisingan, persepsi masyarakat). Didapatkan 3 dari 4  variable penentu tingkat kenyamanan menunjukan lingkungan Universitas Brawijaya tergolong dalam tingkat nyaman diantaranya ialah Thermal Humidity Index (THI), kecepatan angin dan persepsi masyarakat. Tingkat kebisingan menjadi satu-satunya variable yang menunjukkan kondisi tidak nyaman. Lokasi dengan kondisi tingkat kebisingan yang tidak nyaman diantaranya ialah: titik 3 yaitu di lingkungan Kantin FMIPA, Perpustakaan UB,  Gazebo. FILKOM, 6 (Creative Land), 8 (Lap. Rektorat), 11 (Gaz. FTP) dan 12 (Gaz. FIA). Terdapat  hubungan antara ketersediaan dan struktur vegetasi terhadap tingkat kenyamanan. Semakin tinggi ketersediaan vegetasi maka akan meningkatkan tingkat kenyamanan khususnya pada aspek Thermal Humidity Index, kecepatan angin, tingkat kebisingan dan persepsi masyarakat. Begitu pula dengan struktur vegetasi, struktur pohon dan semak merupakan struktur yang dapat meningkatkan tingkat kenyamanan pada aspek Thermal Humidity Index, kecepatan angin, tingkat kebisingan dan persepsi masyarakat.

Keywords


Analisis Tingkat Kenyamanan; Kenyamanan lingkungan; Universitas Brawijaya

Full Text:

PDF

References


Bakri. 2009. Analisis Vegetasi dan Pendugaan Cadangan Karbon tersimpan pada Pohondi Hutan Taman Wisata Alam Taman Eden Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir. Tesis. Universitas Sumatera Utara.

Buchari. 2007. Kebisingan Industri dan Hearing Conservation Program. Universitas Sumatera Utara Repository. Medan.

Diena, A.L. 2009. Pengaruh Perubahan Penggunaan dan Penutupan Lahan terhadap Kenyamanan di Suburban Bogor Barat. Skripsi. Program Studi Arsitektur Lansekap. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Setiawati, P. 2012. Pegaruh Ruang Terbuka Hijau Terhadap Iklim Mikro (Studi Kasus Kebun Raya Cibodas). Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sumarsono, A.R., M. Baskara dan Sitawati. 2016 Evaluasi Kenyamanan Taman Jalur Hijau di Kota Surabaya (Studi Kasus: Jalan Ray Darmo). J Produksi Tanaman. 4(1): 40 – 48.

Yoesieguspa. 2015. Pengaruh Vegetasi Dalam Meredam Tinkat Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang. Fakultas Pengelolaan Lingkungan Pascasarjana. Universitas Sriwijaya. Palembamg.

Zahra, A.F. 2014. Evaluasi Keindahan dan Kenyamanan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-Alun Kota Batu. Skripsi JurusanBudidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jpt.2020.005.2.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.